wisata di garut

Rekomendasi Tempat Wisata Di Garut, Tempat Makan, Hingga Makanan Khas Garut

Posted on

Kabupaten Garut memiliki cukup banyak tempat wisata yang hits dan berbagai wisata di Garut tersebut tak hanya itu-itu saja, lho. Di Kabupaten Garut ini anda dapat menemukan beragam tujuan wisata populer misalnya seperti wisata pantai, gunung, resort, dan lain-lain. Selain tempat wisata yang populer, di sini juga ada banyak tempat makan atau restoran yang populer juga.

Mungkin jika suatu saat anda sedang berkunjung ke Garut untuk liburan, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Garut. Ada juga sejumlah pilihan tempat makan di Garut untuk anda bisa sejenak mengisi perut. Mari simak selengkapnya berikut ini.

Beberapa Pilihan Tempat Wisata Hits di Garut

1. Karacak Valley

Salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Garut adalah Karacak Valley. Tempat wisata ini merupakan wisata hutan pinus serta perkebunan kopi. Lokasinya yaitu berada di Jalan Karacak Valley Margawati, di Kecamatan Garut Kota. Karacak Valley mempunyai kawasan cukup luas, dikarenakan ini wilayah perbukitan maka anda dapat melihat matahari terbenam yang indah ditemani angin sepoi-sepoi.

2. Kawah Talaga Bodas

Selanjutnya ada wisata kawah Talaga Bodas yang merupakan wisata berupa danau kecil yang telah terbentuk di atas kawah bekas dari letusan Gunung Talaga Bodas. Lokasinya di Kecamatan Wanaraja Garut. Anda tak perlu trekking/naik gunung untuk dapat menuju ke kawah Talaga Bodas Garut ini. Ada akses jalan yang sudah bisa langsung sampai ke lokasi kawah tersebut.

3. Darajat Pass Garut

Anda sebaiknya tak melewatkan wisata di Darajat Garut yang bernama Darajat Pass. Tempat wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga, ada tempat outbound, kolam air panas, rumah makan, hingga penginapan juga ada. Lengkap sekali, ya, apalagi ditambah pemandangan di sini sungguh memanjakan mata. Tak lupa beragam fasilitas juga tersedia seperti toilet, mushola, gazebo, dan lain-lain.

4. Pantai Sayang Heulang

Beralih ke wisata pantai, kali ini ada rekomendasi salah satu pantai di Garut yakni Pantai Sayang Heulang. Pantai Sayang Heulang Garut ini berbatasan secara langsung dengan Pantai Santolo. Pesona di Pantai Sayang Heulang tak kalah cantiknya dengan pantai lain di Garut. Pantai ini memiliki hamparan pasir dengan bebatuan karang dipadu dengan air lautnya yang jernih serta ombak yang kencang, jangan lupa selalu hati-hati saat bermain air di pantai.

5. Garut Dinoland

Dinoland atau disebut juga Dino Park Garut ini merupakan wisata edukasi seputar dinosaurus serta hewan-hewan purba lainnya. Tepat sekali jika anda berlibur bersama anak-anak di sini karena bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang hewan-hewan yang hidup di zaman dahulu kala. Dinosaurus di Dino Park / Dinoland ini adalah berupa animatronik, sehingga bisa bergerak dan bersuara layaknya hewan yang aslinya.

6. Sabda Alam Garut

Ingin liburan ke tempat wisata di Garut yang memiliki pemandian air panas alami? Sabda Alam resort Garut bisa jadi salah satu jawabannya. Sabda Alam Garut air panas atau dingin bisa memanjakan anda apalagi juga tersedia penginapan dan berbagai fasilitas yang cocok untuk jadi tempat quality time bersama keluarga. Fasilitas rekreasi wisata Sabda Alam ada cukup banyak, mulai dari kolam busa, kolam ombak, waterboom, slideboom, flying fox, kolam arus, dan lain-lain hingga ada juga kolam terapi ikan.

5 Rekomendasi Tempat Makan di Garut

1. Pujasega Family Restaurant

Setelah lelah berwisata dan berkeliling Garut, waktunya istirahatkan diri sejenak dengan mengisi perut di restoran yang ada di Garut. Salah satu rekomendasinya adalah Pujasega Family Restaurant. Di restoran ini tersedia berbagai macam menu mulai dari makanan Nusantara, makanan Jepang hingga western. Suasana restoran ini juga enak dan tenang.

2. Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang

Anda sebaiknya tak melewatkan menu nasi liwet dan juga gurame cobek di salah satu tempat makan di Garut yang hits ini. Citarasanya tak diragukan lagi, selain itu, tempatnya juga nyaman. Lokasi rumah makan ini ada di Kecamatan Leles. Tidak hanya makan, di sini anda bisa juga menyewa tempat untuk gathering, meeting, hingga wedding.

3. Rumah Makan Kampung Muara Sunda

Rumah makan Kampung Muara Sunda merupakan rumah makan di Garut dengan konsep restoran apung. Menu-menunya beragam, ada gurame bakar, udang asam manis, sayur oseng, dan lain-lain, serta tak lupa ada berbagai pilihan menu minuman yang segar. Rumah makan ini berada di Jalan Raya Bayongbong No. KM 3, Muara Sanding, Garut Kota, Garut.

4. Lesehan Alam Sari

Tempat makan ini menyediakan berbagai makanan khas dari Sunda dan menjadi salah satu tempat makan favorit di Garut bagi para wisatawan. Aneka olahan ikan, ayam, sampai dengan sup buntut tersedia di sini. Tidak hanya mengisi perut, di Lesehan Alam Sari anda juga bisa memanjakan mata karena pemandangannya indah.

5. Rumah Makan Saung Pananjung

Last but not least, ada Rumah Makan bernama Saung Pananjung yang lokasinya berada di Jalan Cipanas Baru, Pananjung, Garut. Menyediakan aneka seafood, steak, daging domba dan masih banyak lagi. Cocok sekali jadi tujuan tempat makan bersama keluarga, suasananya mirip seperti di pedesaan, recommended sekali!

Oleh-Oleh Makanan Khas Garut

Pernahkah anda mendengar atau mengetahui tentang makanan bernama Dodol Garut? Ya, terpampang jelas kata Garut pada nama makanan tersebut, sehingga mudah dikenali bahwa makanan ini khas dari Garut. 

Anda mungkin juga sudah pernah atau sering dengar tentang Dodol Garut ini. Tapi anda juga sebaiknya mengetahui bahwa makanan khas Garut itu bukan hanya Dodol Garut saja, lho. Ada beragam jenis makanan khas Garut selain Dodol

Makanan-makanan khas dari Garut tersebut sering dijadikan oleh-oleh. Penasaran apa saja makanan-makanan khas dari Garut? Selain dodol, makanan khas daerah Garut yang terkenal adalah sebagai berikut. Ini juga sekaligus bisa menjadi referensi ide oleh-oleh dari Garut.

  1. Burayot
  2. Jeruk Garut
  3. Ladu
  4. Endog Lewo / Emplod
  5. Angleng dan Wajit
  6. Dorokdok
  7. Sambal Cibiuk
  8. Ceprus
  9. Pindang Ikan
  10. dll.

Perlu diketahui bahwa tidak semua makanan khas Garut bisa diperoleh di semua toko oleh-oleh Garut. Beberapa makanan khas dari Garut hanya bisa didapatkan di daerah asalnya, serta sebagian lagi sekarang sudah banyak dijual di berbagai toko oleh-oleh khas Garut. 

Salah satu toko oleh-oleh/jajanan yang terbesar di Garut ialah Pasar Ceplak. Di sini ada berbagai jenis makanan khas Garut dan juga khas daerah lain. Biasanya puncak keramaian Pasar Ceplak adalah ketika Bulan Ramadhan, weekend, dan hari libur. 

Tentunya masih ada banyak lagi toko-toko yang menjual beragam oleh-oleh khas dari Garut selain Pasar Ceplak. Oleh-oleh yang dijual juga terkadang tidak hanya yang khas Garut saja tetapi ada juga khas dari daerah lain. Sebelum berkunjung ke Garut untuk liburan, anda bisa membuat itinerary terlebih dahulu supaya liburan lebih terencana. Demikianlah beberapa rekomendasi wisata di Garut beserta 5 rekomendasi tempat makan dan pilihan oleh-oleh makanan khas Garut, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *