Makanan khas daerah garut adalah

Wisata di Garut? Mari Ungkap Kelezatan Makanan Khas Daerah Garut yang Terkenal

Posted on

Garut, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, memiliki kekayaan kuliner yang menarik dan unik. Makanan khas daerah Garut telah menjadi daya tarik bagi wisatawan dan pecinta kuliner dari seluruh Indonesia. Dengan berbagai cita rasa yang menggugah selera, berikut adalah beberapa makanan khas daerah Garut yang terkenal adalah:

1. Dodol Garut

Dodol Garut adalah makanan manis yang terbuat dari bahan dasar ketan, gula aren, santan, dan berbagai bahan tambahan seperti kacang, durian, atau cokelat. camilan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang khas. sehingga membuat sangat terkenal dan menjadi oleh-oleh favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Garut.

2. Cilok Garut

Cilok adalah singkatan dari “aci di colok”, yang merupakan makanan yang terbuat dari tepung tapioka dengan isian seperti daging, ikan, atau sayuran. makanan ini biasanya disajikan dengan kuah kacang pedas yang menggugah selera. Rasanya yang enak dan harga yang terjangkau membuat cilok Garut menjadi camilan favorit di kota ini.

3. Cendol Garut

Cendol Garut adalah minuman tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, daun pandan, santan, gula merah cair, dan es serut. Minuman ini disajikan dengan taburan potongan cincau hitam yang kenyal. Cendol Garut memiliki rasa yang segar dan nikmat, terutama saat dinikmati dalam keadaan cuaca yang panas.

4. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah makanan yang terkenal di Garut. Terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu khas, sate Maranggi memiliki cita rasa yang khas dan daging yang empuk. Sate ini biasanya disajikan dengan nasi, irisan tomat, bawang merah, dan sambal.

5. Surabi

Surabi adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula merah, dan vanili. Kue ini dibuat dengan cara dipanggang atau dikukus. Surabi Garut memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Kue ini sering dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

6. Soto Bandung

Meskipun lebih dikenal sebagai makanan khas Bandung, Soto Bandung juga populer di Garut. Soto ini terbuat dari kaldu daging sapi yang kaya rempah, daging sapi, tauge, kentang, dan disajikan dengan bawang goreng dan jeruk nipis. Rasanya yang gurih dan hangat membuat Soto Bandung menjadi hidangan yang sempurna untuk disantap di waktu makan siang.

Itulah beberapa makanan khas daerah Garut yang terkenal adalah dan patut dicoba. Jika Anda berkunjung ke Garut, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner-kuliner ini. Setiap suapan akan memanjakan lidah Anda dan membawa Anda merasakan keunikan cita rasa khas Garut yang tak terlupakan. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *