makanan khas garut selain dodol

Makanan Khas Garut Selain Dodol yang Tak Kalah Enaknya

Posted on

Garut merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Meski demikian, ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi kapanpun. Mulai dari pantai, gunung, hingga desa wisata.

Ketika kita sedang wisata di Garut, maka secara tidak langsung kita akan membeli dodol sebagai salah satu oleh-olehnya. Sebenarnya tidak salah, akan tetapi masih banyak makanan khas Garut yang bisa Anda belikan untuk teman-teman Anda.

Berikut ini daftar beberapa makanan khas Garut selain dodol yang bisa Anda pertimbangkan untuk membelinya:

1. Burayot

Burayot merupakan makanan ringan khas Garut. Makanan ini memiliki tampilan berwarna kecokelatan dan rasanya yang manis karena menggunakan gula merah. Makanan ini biasanya dibuat dari tepung beras merah, gula merah, kacang tanah, dan minyak kelapa.

Nama Burayot sendiri berasal dari bentuknya yang keriput atau dalam bahasa Sunda “ngaburayot”. Meski sudah cukup banyak ditemui di jalanan, makanan ini banyak diproduksi oleh masyarakat dari Kecamatan Leles, meski terkadang burayot juga dibuat oleh masyarakat daerah lain di Jawa Barat.

2. Emplod

Emplod merupakan salah satu makanan khas Garut yang bentuknya mirip telur dengan ukuran yang cukup kecil. Oleh sebab itu, emplod memiliki nama lain “endog lowo”. Makanan ini terbuat dari singkong dan biasanya berasal dari Kampung Lowo di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Saat ini, masyarakat setempat mengenal Endog Lowo ini dengan sebutan Emplod. Rasanya gurih dengan tekstur renyah membuat makanan ini cocok dijadikan cemilan. 

3. Dorokdok

Dorokdok merupakan salah makan khas Garut yang juga bisa Anda beli untuk dijadikan oleh-oleh. Memang secara sekilas, dorokdok mirip dengan kerupuk kulit atau rambak, karena memang makanan ini biasa dibuat dari kulit sapi atau kerbau. Saat ini, dorokdok banyak diproduksi di daerah Sukaregang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. 

4. Ceprus

Ceprus merupakan makanan khas Garut yang terbuat dari singkong bakar yang masih panas, kemudian dicelupkan ke dalam gula merah yang telah dipanaskan sebelumnya, sehingga memiliki rasa yang cenderung manis baik dari singkong maupun gula merahnya. 

Kalau Anda ingin mencicipi makanan ini, Anda harus sabar karena makanan ini hanya bisa diperoleh di Garut bagian selatan dan sudah jarang ada yang membuatnya karena hanya tersaji di sentra gula merah asli yang diambil dari pohon kawung.

5. Ladu

Baik dari nama maupun bentuknya, makanan khas Garut ini mirip dengan “laddhu”, makanan khas dari India. Ladu menjadi salah satu makanan khas Garut yang dibuat dengan beras ketan dan dibuat bulat, sehingga teksturnya menjadi sedikit kenyal. Saat ini, Ladu masih bisa Anda temui ketika berkunjung ke Kecamatan Malangbong.

Itulah tadi beberapa makanan khas Garut selain dodol yang bisa Anda beli. Jadi, mau mencoba yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *