sejarah kampung dukuh Cikelet Garut

Sejarah Kampung Dukuh Cikelet Garut Yang Sangat Menarik Perhatian

Posted on

Anda yang belum mengetahui Sejarah Kampung Dukuh Cikelet Garut tidak ada salahnya membaca artikel ini hingga selesai. Sejarah kampung di Dukuh Cikelet yang berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Salah satu destinasi wisata di Garut yang memiliki daya tarik luar biasa. Mungkin hanya dimiliki Cikelet saja. Oleh karenanya, Anda memang perlu mengetahui selengkapnya tempat liburan yang satu ini. Setelah mengetahuinya, segera rencanakan untuk mengunjunginya nanti.

Mengenal Dukuh Cikelet Garut Lebih Dekat

Diketahui bahwa kampung wisata yang satu ini berlokasi di Kampung Dukuh, Desa Ciroyom, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Berjarak sekitar 108 km dari pusat Kabupaten Garut.

Jadi, Cikelet merupakan salah satu nama kecamatan di Garut yang di dalamnya terdapat Kampung Dukuh sebagai lokasi wisatanya. Untuk bisa mencapai lokasinya, Anda bisa mengendarai kendaraan bermotor pribadi atau umum. Jika lelah dalam perjalanan, berhenti saja di tempat makan di Garut.

Dikarenakan sudah populer tempatnya, maka Anda bisa menemukannya cukup mudah. Jika belum menemukannya juga, jangan malu dan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat yang pasti mengetahuinya.

Sebenarnya dulu Kampung Dukuh belum populer seperti sekarang. Namun seiring berjalannya waktu, beberapa turis yang menginformasikan tempat wisata tersebut di dunia maya melalui sosial media. Akhirnya, Sejarah Kampung Dukuh Cikelet Garut mulai dikenal banyak orang di seluruh pelosok Indonesia.

Bahkan, tidak sedikit wisatawan mancanegara yang mengunjungi langsung kampungnya karena sangat penasaran dengan daya tariknya. Anda yang juga penasaran dan belum pernah mengunjunginya, silahkan segera berlibur ke sana.

Apa Daya Tarik dari Kampung Dukuh Cikelet Garut?

Jenis wisatanya adalah budaya karena Anda yang mengunjungi kampungnya akan melihat dan merasakan sendiri tradisi dan budaya di sana. Diketahui bahwa Kampung Dukuh Cikelet begitu religius Islam yang kuat.

Masyarakatnya berpaham pada Sufisme dari Mahzab Imam Syafi’i. Dimana Mahzab atau golongan/kelompok tersebut sangat identik dengan umat Islam di Indonesia. Namun perbedaannya, aliran sufisme yang begitu kental dan kuat sangat dipedomani oleh masyarakat Kampung Dukuh.

Mulai dari rumah untuk tempat tinggal, berpakaian, pekerjaan, dan semua gaya hidup sehari-hari yang begitu kental nuansa Islaminya. Oleh karenanya, Anda sekalian yang beragama Islam sekaligus muslim taat sangat cocok mengunjungi tempat wisata ini.

Misalnya, tempat tinggalnya yang masih begitu tradisional yang tidak menggunakan dinding tembok, atau genteng, dan jendela kaca. Bahkan, di sana tidak akan ditemukan peralatan elektronik karena dianggap hanya mendatangkan keburukan saja.

Kampung Dukuh juga bisa menjadi destinasi wisata religi di Jawa Barat. Anda yang sangat penasaran dengan kampungnya harus segera merencanakan mengunjunginya di kemudian hari. Namun perlu diingat, Anda jangan sampai melanggar aturan saat memasuki kampungnya.

Jika tidak, masyarakat akan mengusir para pendatang yang tidak mematuhi aturan tersebut. Jadi, silahkan untuk mengetahui aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan saat ingin mengetahui lebih dekat Sejarah Kampung Dukuh Cikelet Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *