wisata kuliner kerkof garut

Wisata Kuliner Kerkof Garut, Sensasi Kuliner Di Tempat Bersejarah

Posted on

Wisata kuliner Kerkof Garut awalnya adalah bagian dari Sarana Olahraga (SOR) Kerkhof Kabupaten Garut. Pada malam hari, tempat ini sering kali sepi dan tidak banyak aktivitas yang dilakukan di sana. Namun, sekarang situasi tempat ini telah berubah drastis dan menjelma menjadi sebuah kawasan wisata kuliner yang populer di kalangan wisatawan.

Di kawasan wisata kuliner ini, Anda akan menemukan beragam pilihan kuliner yang dijual dengan menggunakan tenda-tenda berwarna-warni yang mencolok. Kawasan ini juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk berkumpul dan bersantai bersama teman-teman, sehingga menciptakan suasana yang lebih menyenangkan.

Apa Itu Kerkof?

Kerkhof atau Kerkof secara harfiah berarti “kuburan” dan terdiri dari dua suku kata, yaitu “kerk” yang berarti “gereja” dan “hoff” yang berarti “halaman”. Nama tersebut berasal dari fungsi awal Kerkhof sebagai pemakaman atau tempat peristirahatan terakhir.

Seiring berjalannya waktu, Kerkhof telah mengalami perubahan fungsi di mana yang awalnya sebagai area pemakaman, kemudian berkembang menjadi lapangan pacuan kuda, dan akhirnya menjadi sarana olahraga. Menariknya, Kerkhof sebenarnya tidak hanya ada di Garut, tetapi juga ditemukan di daerah lain seperti Cimahi, Magelang, dan Kebumen.

Sejarah Kerkof Garut

Kerkhof Garut sudah berdiri sejak tahun 1923. Awalnya, kawasan ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan berfungsi sebagai tempat pemakaman orang Belanda atau Eropa. Pada tahun 1981, Pemerintah Kabupaten Garut memutuskan untuk merelokasi ratusan jasad yang ada di Kerkhof ke TPU Santiong yang terletak di Karangpawitan, Garut. Proses relokasi tersebut memakan waktu sekitar 3 tahun.

Pada masa pemerintahan Bupati Hidayat, kawasan ini mengalami perubahan menjadi lapangan pacuan kuda. Pada tahun 2003, Kerkhof Garut mengalami perubahan nama menjadi Sarana Olahraga (SOR) Merdeka dan hingga saat ini tetap menjadi tempat untuk berolahraga bagi warga Garut.

Lokasi

Lokasi Wisata kuliner Kerkof Garut terletak di Jalan Merdeka, Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut. Sebagai tempat kuliner malam, pedagang di kawasan wisata kuliner ini biasanya buka mulai pukul 15.00 sampai pukul 23.00 WIB. Tempat ini menjadi salah satu destinasi kuliner favorit di Garut sehingga selalu ramai pengunjung, khususnya saat akhir pekan.

Apa Saja Kuliner yang Dijual di Kerkof Garut

Pilihan makanan yang dijual di kawasan wisata kuliner Garut ini sangat beragam. Mulai dari makanan ringan, camilan, hingga makanan berat semua tersedia di sana. Untuk menu makanan berat yang tersedia antara lain adalah sate taichan, cumi bakar, hingga steak.

Selain itu, di sana juga terdapat banyak penjual makanan kekinian seperti buah coklat, lumpia basah, ceker tanpa tulang, dimsum, pangsit tulang rangu, bandros, boba, dan baso aci yang merupakan makanan favorit masyarakat Garut. Jika ingin menu yang lebih sehat, di sana juga terdapat penjual jus dengan berbagai macam pilihan buah. Untuk harganya, Anda tidak perlu khawatir karena harga makanan dan minuman yang dijual di sana dibanderol dengan harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 10 ribuan.

Ada Live Music

Untuk menghibur para pengunjung yang bersantai dan menikmati kuliner di tempat ini, wisata kuliner Kerkof juga dilengkapi dengan Live Music. Adanya live music ini tentu menjadi hiburan yang menambah kenyamanan para pengunjung. Bahkan jika pengunjung memiliki hobi bernyanyi juga dapat ikut menyanyi di panggung musik. Pasalnya siapa saja diperbolehkan untuk berpartisipasi di live musik.

Wisata kuliner Kerkof Garut menjadi pilihan tempat yang menarik untuk dikunjungi saat berada di Garut. Selain cocok untuk wisata kuliner, tempat ini juga cocok untuk mengisi waktu di akhir pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *