jaket kulit pria asli garut

Wajib Tahu! Kenali Ciri Khas Jaket Kulit Pria Asli Garut

Posted on

Anda penyuka jaket kulit? Tentu sudah tidak asing lagi dengan jaket kulit pria asli Garut. Bahkan Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah penghasil jaket kulit terbesar di Indonesia. Lalu bagaimana cara membedakan jaket kulit asli Garut dan palsu, kenali ciri khas berikut ini!

Elastisitas Bahan yang Digunakan

Bagi Anda yang suka mengoleksi jaket kulit, tentu sudah tidak asing lagi dengan elastisitas bahan yang digunakan. Bahan kulit asli biasanya menggunakan bahan yang terasa agak kaku namun tetap lembut. Jika sudah diproses untuk dijadikan jaket, elastisitas kulit asli dari hewan akan menurun.

Berbeda dengan jaket kulit KW, biasanya elastisitas bahannya mudah melar dan lebih lentur. Hal inilah yang membuat bahan ini lebih mudah direnggangkan. Anda bisa mengetahui elastisitas bahannya hanya dengan menyentuhnya saja.

Berat dan Model Jaket

Selain elastisitas bahan, berat dan model jaket turut membedakan jaket asli dengan jaket kulit palsu. Jaket yang terbuat dari kulit asli biasanya memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan yang imitasi atau KW.

Jaket kulit pria asli Garut memiliki bobot yang cukup berat. Hal ini karena tekstur dan ketebalannya hingga 0,7 millimeter. Jaket kulit ini biasanya digunakan pengendara motor bahkan beberapa jenis ada yang lebih tebal hingga satu milimeter. 

Adapun model jaket juga berpengaruh terhadap keaslian jaket kulit. Jika Anda perhatikan secara detail, model jaket kulit cenderung klasik, bahkan semakin sedikit jahitan yang digunakan, maka kualitas jaket juga semakin bagus.

Sangat berbeda dengan model jaket imitasi atau KW, model yang digunakan lebih bervariasi. Tak hanya itu biasanya memiliki banyak model jahitan sehingga terlihat menarik. Namun perlu Anda perhatikan juga variasi jahitan, apakah digunakan untuk menutupi kecacatan jaket atau modelnya seperti itu.

Aroma dan Sifat Jaket

Jangan salah! Aroma jaket kulit terbuat dari kulit hewan yang aromanya sangat khas. Biasanya jaket kulit imitasi atau KW tidak memiliki bau khas kulit hewan, namun berbau zat kimia atau karet.

Adapun sifat jaket kulit asli juga tidak tembus angin, berpori-pori alami, tahan api, dan sejuk. Jaket kulit asli tidak tembus angin sehingga Anda bisa merasakan efeknya terutama saat berkendara sepeda motor. Jaket ini juga akan menutup tubuh Anda dari suhu udara yang dingin.

Jaket kulit dari bahan kulit sapi, kambing, maupun domba berpori-pori alami yang tidak akan hilang meskipun sudah melalui proses penyamakan. Pori-pori ini jika Anda perhatikan detail tentu tidak sama persis satu dengan yang lainnya. Berbeda dengan kulit imitasi yang biasanya berpola persis karena berupa kulit tiruan, bahkan terkadang tidak memiliki pori-pori sama sekali.

Itulah beberapa ciri khas jaket kulit pria asli Garut yang wajib Anda kenali. Setelah Anda mengetahuinya, pasti Anda makin percaya diri menggunakan jaket kulit asli, sehingga nyaman untuk pergi ke Dino Land Garut untuk sekedar menikmati liburan bersama keluarga dan orang-orang tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *