kereta api cikuray jakarta garut

Traveling ke Garut Kini Jadi Semakin Praktis, Berkat Adanya Kereta Api Cikuray Jakarta Garut

Posted on

Selain Bandung, Garut adalah salah satu kawasan yang ada di Jawa Barat, yang juga mempunyai segudang objek wisata menarik. Kini traveling ke Garut, terasa lebih menyenangkan berkat adanya kereta api Cikuray Jakarta Garut. Anda yang ingin traveling ke Garut, menggunakan kereta api, pastinya harus mengetahui jadwal keberangkatan dan harga tiketnya.   

Tentang kereta api Cikuray

Kereta api Cikuray atau disebut juga dengan KA Cikuray sendiri baru saja dioperasikan, tepatnya pada 25 Maret 2022 kemarin. Setelah sebelumnya, dilakukan reaktivasi jalur dari Garut – Cibatu.

Adapun kereta api Cikuray Jakarta Garut ini termasuk KA jarak jauh, dengan 7 rangkaian kereta ekonomi. Kapasitas dari KA yang satu ini sekitar 560 tempat duduk, dengan layanan Jakarta ke Garut atau sebaliknya. KA Cikuray ini menempuh perjalanan sekitar 245,410 km, dalam kurun waktu sekitar 5 hingga 6 jam perjalanan.  

Pemberian nama KA Cikuray

Pemberian nama dari kereta api Jakarta-Garut sendiri, memang bukan sembarangan. CIkuray sendiri diambil dari nama gunung cantik yang ada di Garut, yaitu gunung Cikuray. Dimana gunung yang satu ini sering sekali dikunjungi oleh para pendaki, lantaan pemandangan alamnya yang indah.

Jadwal keberangkatan dan harga tiket

Terdapat 2 kali jadwal keberangkatan untuk KA Cikuray ini, yaitu dari stasiun Pasar Senen, dan tiba di stasiun Garut, dan sebaliknya. Dari Garut yaitu KA 7047, kereta akan berangkat sekitar jam 07.05 WIB, dan sampai ke Jakarta Pasar Senen sekitar jam 13.32 WIB. Sedangkan jadwal kereta Jakarta-Garut atau KA 7048 sendiri, berangkat dari Pasar Senen jam 17.55 WIB dan tiba di Stasiun Garut jam 00.53 WIB.

Dalam setiap rute keberangkatan, KA yang satu ini akan melewati sekitar 13 stasiun, mulai dari Stasiun Garut, Cibatu, Leles, Nagreg, Cicalengka, Kiaracondong, Bandung, Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Cikampek, Karawang, Bekasi, Jatinegara, dan berakhir di Stasiun Pasar Senen.  

Harga tiket dari KA Cikuray sendiri terbilang sangat murah, yaitu sekitar Rp 45.000 saja. Dimana tiket tersebut, dapat Anda peroleh dengan 2 cara, yaitu secara offline di loket stasiun atau secara online, seperti di tiket travel online, atau di KAI online.  

Objek wisata di Garut

Setibanya di Garut, Anda dapat mengunjungi beberapa objek wisata yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Jika ingin berlibur sambil menikmati alam, maka Anda dapat mengunjungi Papandayan Resort and Leisure Park, Sabda Alam Water park, dan yang lainnya.

Ingin berlibur bersama keluarga, Anda dapat mengunjungi Dino Land Garut, Situ Bagendit, Darajat Pass, dan yang lainnya.

Traveling menggunakan kereta api, apalagi KA Cikuray pastinya menarik. Karena di sepanjang perjalanan, mata Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang menarik, membuat perjalanan tidak terasa membosankan. Sedikit tips untuk Anda, sebaiknya beli tiket kereta api Cikuray Jakarta Garut, jauh jauh hari agar Anda memperoleh tiket dan kursi yang nyaman sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *