tempat wisata cilopang garut

Keindahan Pemandangan di Tempat Wisata Cilopang Garut

Posted on

Kabupaten Garut yang terkenal dengan dodolnya terletak di Jawa Barat. Berbatasan dengan Sumedang di sisi utaranya. Sedangkan di sisi timur berbatasan dengan Tasikmalaya dan Majalengka. Dengan Samudra Hindia di sisi selatannya. Lalu di bagian barat berbatasan dengan Cianjur dan Bandung. Banyak destinasi wisata di Garut. Salah satunya adalah tempat wisata Cilopang Garut.

Cilopang Adventure Camp

Lokasinya ada di Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Lokasi ini jaraknya sekitar satu kilometer dari obyek wisata air panas Cipanas Garut. Tepat ada di bawah kaki Gunung Guntur. Harga tiket masuknya adalah sekitar 15 ribu Rupiah per orang. Terdapat danau dengan airnya yang jernih kehijauan di tempat ini. Danau seluas kurang lebih satu hektar tersebut tak pernah surut meski saat musim kemarau tiba. Udaranya sejuk. Pemandangannya indah, mempesona.

Aktivitas Wisata di Cilopang Adventure Camp

Bagi para wisatawan yang suka berkemah tapi tak suka menjelajah hutan maka lokasi ini sangat tepat. Bisa sejenak melepaskan diri dari kepenatan dan kesibukan untuk berekreasi sambil berkemah. Menyaksikan pemandangan alami dan segarnya udara pegunungan. Selain pemandangan alamnya yang mempesona. Para pengunjung juga bisa memandang keindahan gemerlap lampu kota Garut dari atas ketinggian di kawasan Bukit Cilopang ini. Cocok juga menjadi tempat selfie. Tak heran jika banyak kaum muda yang lantas menjadikan kawasan ini sebagai tempat liburan favorit. Tak jauh dari lokasi tempat untuk berkemah letak danaunya. Para pengunjung juga bisa sewa perahu lalu menyusuri sepanjang danau. Suatu pengalaman yang menarik dan tak terlupakan.

Kuliner Garut 

Di Garut tak hanya ada dodol dalam aneka rasa saja. Tapi banyak kuliner Garut lainnya yang patut dicoba. Seperti ada burayot, yakni makanan ringan yang khas dari Garut. Tampilannya berwarna cokelat. Terbuat dari tepung beras merah, dan gula merah, serta kacang tanah, juga minyak kelapa. Rasanya manis, dari gula merah. Lalu ada juga Dorokdok yaitu krupuk kulit dari sapi atau kerbau. Kemudian ada sambal cibiuk. Sambal khas Garut ini terbuat dari tomat hijau, dan serawung atau daun kemangi, serta cabai rawit, dan bawang putih, juga kencur, dan terasi goreng, ditambah garam, dan gula merah, serta air jeruk nipis. Juga ada Ceprus yaitu singkong bakar yang pada saat masih panas dicelupkan ke dalam kinca. Kinca adalah gula merah yang dipanaskan. Ada juga yang namanya Endog Lewo atau Emplod. Cemilan ini terbuat dari singkong yang dibuat menyerupai bentuk endog atau telur. Ada pula ladu dari beras ketan. Juga ada nasi liwet khas Garut. Di bukit Cilopang terdapat satu warung yang menyediakan makanan serta kopi instan. Bukanya mulai dari jam 7 pagi sampai jam 21.00 malam. Jika wisatawan ingin membeli oleh-oleh khas Garut maka bisa turun dulu ke kota Garut.

Jangan lupa kunjungi Garut pada saat sedang berada di Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *