kuliner legendaris garut

4 Kuliner Legendaris Garut Yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Kuliner legendaris Garut menjadi makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke kota ini. Garut adalah salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan keindahannya yang menarik untuk dijelajahi. Jika berada di kota ini, tak lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khasnya. Meskipun Garut terkenal sebagai pusat pengrajin kulit dan terkenal dengan dodolnya, Garut juga memiliki kuliner khas yang telah menjadi legenda.

Ketika berkunjung ke Garut, ada beberapa kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan, terutama kuliner legendarisnya yang telah ada selama puluhan tahun dan tetap menjadi favorit yang dicari oleh para pecinta kuliner. Apa saja kuliner tersebut?

1. Soto Ahri

Ini adalah kuliner legendaris khas Garut yang sudah ada selama puluhan tahun. Lokasinya terletak di sebuah gang kecil yang dikenal sebagai “Gang Harjo” tepatnya di Jalan Mandalagiri, Garut Kota atau sekitar 210 meter dari stasiun Garut. Keberadaan rumah makan ini dianggap legendaris karena Soto Ahri telah berdiri sejak tahun 1943 dan bisnis kuliner ini sekarang dijalankan oleh Endang, anak dari H. Ahri sendiri.

Meskipun tempatnya sempit dan terletak di dalam sebuah gang, cita rasa Soto Ahri ini tetap memikat para pecinta kuliner. Terbukti banyak pengunjung yang rela antri demi menikmati semangkuk soto di sana.

2. Kupat Tahu Gunung Lumbung

Kupat Tahu Gunung Lumbung sangat terkenal di Garut dan juga dikenal dengan nama Kupat Tahu Ibu Ida. Kuliner Garut ini telah berdiri sejak tahun 1973 dan menyajikan resep kupat tahu andalan yang telah diturunkan secara turun temurun sejak pendirian oleh Ibu Ida hingga saat ini. Selain kupat tahu, ada juga beberapa menu kuliner lain yang tidak kalah lezat seperti gado-gado, tahu campur, dan banyak lagi. Untuk lokasinya, Kupat Tahu Gunung Lumbung terletak di Jalan Ciledug, Garut Kota.

3. Bakso M. Imu

Tidak jauh dari Soto Ahri, terdapat sebuah kuliner legendaris Garut yang juga menarik dan lezat, yaitu Bakso M. Imu. Namanya sendiri merupakan singkatan dari “Mang Imu”, pendiri usaha kuliner bakso di Garut yang telah berdiri sejak tahun 1970. Bakso M. Imu menyediakan menu antara lain seperti mie bakso, bakso urat, bakso polos, mie komplit, dll. Kuahnya yang kaya rasa, dengan kaldu yang begitu kental, membuat Bakso M. Imu menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi.

4. Kho Pek Guan

Salah satu kuliner yang sangat terkenal dan legendaris di Garut adalah Kho Pek Guan. Kuliner khas Garut ini berada dalam wilayah yang sama dengan Bakso Imu dan Kupat Tahu Gunung Lumbung. Kho Pek Guan telah berdiri sejak tahun 1885 dan menawarkan berbagai jenis roti, mulai dari roti kering hingga makanan ringan lainnya yang cocok dinikmati dengan teh, susu, atau kopi. Semua roti yang diproduksi oleh Kho Pek Guan dibuat tanpa bahan kimia dan pengawet tambahan, sehingga roti-roti tersebut selalu fresh. Hal ini dilakukan untuk menjaga cita rasa dan keaslian bahan yang digunakan.

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner legendaris Garut yang sudah eksis dan masih diminati sampai sekarang. Anda dapat menyempatkan diri untuk mengunjunginya saat berada di Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *